Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jaringan Komputer

1. Local Area Network ( LAN )



Local Area Network ( LAN ) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut.
LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik dapat menggunakan sumber daya ( misalnya printer ) secara bersama-sama. Selain itu, LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar inforasi.
Komputer yang terhubung dalam satu LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh kilometer.



2. Metropolitan Area Network ( MAN )



Metropolitan Area Network ( MAN ) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya, kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN.
Hal ini dibuat untuk berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalnya, kantor Dinas Pajak dapat berbagi data dengan kantor Dinas Pertahanan. MAN dapat dimanfaatkan oleh pemerintah atau swasta.


3. Wide Area Network ( WAN )


Wide Area Network ( WAN ) adalah jaringan yang mencangkup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah negara atau benua. WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia. WAN juga digunakan oleh negara-negara yang telah maju untuk menghubungkan dayabase dari satu daerah dengan daerah lain antaristansi dan lembaga-lembaga yang ada.

4. Internet


Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup swluruh dunia. Orang yang terhubung ke internetberarrti terhubung ke semua komputer yang ada di    dunia yang juga terhubung ke internet.
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam jaringan internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain. Kabel serat optik tersebut dibangun melalui dasar laut. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar